Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 205

  • Whatsapp
Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 205

Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 205 – Pembelajaran Matematika Kelas 5 Halaman 188-191 membahas tentang Pengumpulan Data dan Penyajian (Pengumpulan Data, Penyajian Data).

Buku siswa yang digunakan sebagai sumber belajar matematika di kelas 5 merupakan Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Read More

Dalam pembelajaran matematika kelas 5 SD terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 205.

Di sekolahku seluruh siswa dicek kesehatannya (screening). Setiap siswa dikontrol data kesehatannya. Data tinggi badan dan berat badan siswa dicatat oleh tim kesehatan sekolah dan dokter kecil. Data tinggi badan dan berat badan dimasukkan di Kartu Menuju Sehat (KMS). Berdasarkan kartu tersebut seorang siswa dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu gizi baik, ideal, dan gizi buruk. Apakah kamu sudah mengetahui berat badanmu dan tinggi badanmu? Apakah kamu mengetahui ukuran nomor sepatumu? Apakah kamu mengetahui ukuran lingkar kepala dan lingkar pinggangmu? Sekarang, kamu akan mempelajari data yang berkaitan dengan dirimu.

 

Data Diri

Setiap orang memiliki data pribadi. Data pribadi adalah data-data yang berhubungan dengan diri sendiri. Setiap orang memiliki data pribadi sendiri.

 

Mengenal Data 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data dapat berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep.

Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, dan organisasi. Ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu. Informasi dapat juga digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data yang dapat dianggap sebagai objek dan informasi adalah suatu subjek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga dapat disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara, sehingga dapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes, dokumentasi, dan sebagainya.

Senang Belajar Matematika Kelas 5 Halaman 200

Data di atas diperoleh secara langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan. Data seperti di atas disebut data primer.

Beni ingin memperoleh data golongan darah teman-temannya. Ia tidak mungkin memeriksa sendiri golongan darah teman-temannya. Data golongan darah semua siswa didapatkan dari buku catatan di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Beni datang ke ruang UKS untuk mencatat data golongan darah teman-temannya.

Matematika Kelas 5 Halaman 200

Data golongan darah di atas diperoleh Beni tidak secara langsung. Ia mendapatkan dari UKS. Data seperti di atas disebut data sekunder.

Pengumpulan Data
1. Tes

Informasi perkembangan belajar siswa dilihat dari nilai ulangan. Biasanya Bapak atau Ibu guru melakukan tes atau ulangan. Hasil ulangan diperoleh data perkembangan belajar siswa. Berikut adalah contoh data nilai ulangan PPKn yang diperoleh siswa kelas V SD Nusantara 01.

Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5

2. Bertanya Langsung
Siti ingin mengetahui buah kesukaan dan buah yang tidak disukai teman-teman di kelasnya. Siti menanya kepada masingmasing teman dan mencatatnya tentang buah kesukaan dan buah yang tidak disukai.
Daftar Pertanyaan
1. Apakah buah yang kamu sukai?
2. Apakah buah yang tidak kamu sukai?
Hasil pengumpulan data yang dilakukan Siti

Belajar Matematika Kelas 5

Pengumpulan Data dengan Bertanya Langsung
Ayo, Kerja Bersama!
1. Buatlah kelompok, setiap kelompok 3-4 anak.
2. Cari informasi tentang pelajaran yang disukai dan pelajaran yang tidak disukai dengan menanya seluruh kelas.
3. Setiap kelompok menanyai siswa pada kelas yang berbeda.
4. Hasil menanya dicatat, kemudian diskusikan bersama anggota kelompokmu.
5. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas (masingmasing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapi).
6. Siswa bersama guru menyimpulkan bagaimana hasil bertanya secara langsung.

3. Isian Singkat 
Pengumpulan data dengan lembar isian, yaitu dengan cara masing-masing orang yang mengisi lembar isian. Hasilnya kemudian dikumpulkan.

 

Pengumpulan Data dari Angket
Ayo, Kerja Bersama! 
1. Buatlah kelompok, setiap kelompok tiga anak.
2. Cari informasi tentang antusias siswa mengadakan Jum’at bersih setiap minggu.
3. Setiap kelompok membuat angket yang berisi pertanyaan tentang antusias siswa melakukan Jum’at bersih. Pertanyaan yang diajukan, misalnya sebagai berikut. Apakah pendapatmu apabila dilakukan kegiatan Jum’at bersih di sekolahmu?
a. Setuju
b. Tidak setuju
4. Diskusikan pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu gunakan.
5. Pertanyaan dapat terbuka atau tertutup.
6. Pertanyaan masing-masing kelompok disampaikan dan didiskusikan di kelas, sehingga pertanyaan akan terkumpul dan disepakati satu kelas.
7. Pertanyaan angket hasil kesepakatan kelas digunakan masing-masing kelompok.
8. Setiap kelompok menyebarkan angket ke kelas yang berbeda.
9. Hasil angket setiap kelompok didiskusikan di masing-masing kelompok.
10. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas secara bergantian. Kelompok yang tidak sedang presentasi bertugas menanggapi.
11. Siswa bersama guru menyimpulkan pendapat seputar pelaksanaan Jum’at bersih.

4. Pencatatan Langsung 
Pencatatan langsung biasanya dilakukan berdasarkan pengukuran atau pengamatan. Hasil pengukuran dan pengamatan dicatat. Data tersebut diperoleh dari pencatatan langsung. Beberapa data dapat diperoleh dengan pencatatan langsung, seperti tinggi badan dan berat badan. Sebelum melakukan proses pengumpulan data sebaiknya dibuat blangko data. Blangko data berisi tentang semua data yang ingin dikumpulkan. Misalnya mencari data berat badan siswa kelas V, maka untuk pencatatan langsung dapat disiapkan blangko sebagai berikut.

Materi Matematika Kelas 5 Halaman 205

Pengumpulan Data dari Pencatatan Langsung
Ayo, Kerja Bersama! 
1. Buatlah kelompok, setiap kelompok 3-4 anak.
2. Cari data tentang perilaku mengucap salam dan salim kepada guru ketika tiba di sekolah dan pulang sekolah.
3. Setiap kelompok membuat blangko.
4. Diskusikan blangko yang akan kamu gunakan.
5. Blangko hasil kesepakatan kelas digunakan masingmasing kelompok.
6. Setiap kelompok melakukan pengamatan pada siswa satu kelas. Setiap kelompok berbeda kelas.
7. Hasil pengamatan setiap kelompok didiskusikan di masing-masing kelompok.
8. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas (masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapi).
9. Siswa bersama guru menyimpulkan perilaku siswa tentang mengucap salam dan salim kepada guru.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 205

1. Catatlah semua nilai ulangan harian setiap mata pelajaran seluruh siswa kelas V yang telah diujikan gurumu!
2. Buatlah kelompok! Kemudian, carilah informasi tentang ekstrakurikuler yang mereka sukai kepada seluruh siswa kelas 1 sampai kelas VI!
3. Buatlah isian singkat untuk mencari data tentang antusias siswa terhadap kegiatan perkemahan di akhir semester! Kemudian, bagikan isian singkat tersebut kepada siswa kelas IV, kelas V, dan kelas VI!
4. Coba catat berapa siswa menyukai kegiatan perkemahan dan berapa siswa yang tidak menyukai kegiatan perkemahan!
5. Buatlah blangko pencatatan langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan siswa semua kelas!
6. Carilah data umur siswa setiap kelas!
• Bagaimana cara kamu mengumpulkan data umur siswa per kelas? Jelaskan!
• Berapa tahun umur terendah setiap kelasnya?
• Berapa tahun umur tertinggi setiap kelasnya?

Alternatif Jawaban :

1. Disesuaikan kondisi sekolah.

2. Disesuaikan kondisi sekolah.

3. Disesuaikan kondisi sekolah

4. Sesuai dengan kreativitas guru.

5. Disesuaikan kondisi siswa.

6. Disesuaikan kondisi siswa.

Asyik Bereksplorasi

Berpikir Kritis
Apakah semua cara pengumpulan data dapat digunakan untuk semua data? Jelaskan berdasarkan contoh-contoh di atas!

Demikianlah Artikel Tentang Pembahasan Soal Matematika Halaman 205

Terimakasih untuk sahabat semua yang sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban senang belajar matematika kelas 5 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca dimanapun berada.

Artikel yang Anda baca berjudul Kunci Jawaban Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Halaman 205 Telah tayang di jawabanmatematika.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *